3 Faktor Penyebab Seorang Ibu Tidak Menyusui Bayinya

Written by on April 13, 2018

Pada artikel sebelumnya saya pernah menulis tentang banyaknya manfaat yang akan didapat jika seorang wanita yang baru melahirkan menyusui bayinya diantaranya menurunkan resiko baby blues, mempercepat penurunan berat badan, dan megurangi resiko terkena kanker. Memberikan Asi pada bayi yang baru lahir sangat baik untuk pertahanan tubuh bayi melawan penyakit. Bayi yang mendapatkan ASI akan terlindung dari penyakit diare. Selain itu ASI dapat melindungi bayi dari peradangan perut dan usus, penyakit pernapasan, infeksi telinga dan meningitis. Namun kadang seorang wanita yang baru melahirkan tidak dapat menyususi bayinya dan harus menggantinya dengan susu formula. 3 Faktor ini bisa menjadi penyebab seorang wanita tidak dapat menyusui bayinya yaitu :

  1. Tidak Keluarnya ASI

Pasca melahirkan terkadang ASI tidak bisa keluar atau pun tidak berproduksi. Biasanya si ibu memancingnya agar keluar dengan melakukan pemijatan, membersihkan puting, dan juga sering sering menyusui bayinya walau ASI belum keluar. Namun kadang sudah dilakukan berbagai cara juga tapi ASI tidak mau keluar karena mengalami gangguan maka si ibupun tidak bisa menyusui.

  1. Psikologis

Kebanyakan wanita yang menyusui takut kehilangan daya tariknya sebagai seorang wanita. Karena mereka beranggapan menyusui itu akan menjadikannya tampak lebih tua sehingga akan merusak penampilannya. Selain itu juga ada beberapa ibu mengalami tekanan batin saat menyusui bayinya sehingga mengurangi waktu ketika meyusui atau tidakĀ  menyusui.

  1. Ibu Yang Bekerja

Seorang wanita karir atau wanita yang bekerja dipastikan tidak dapat menyusui bayinya secara eksklusif. Bahkan mungkin ada beberapa wanita yang sama sekali tak menyusui bayinya karena sibuk bekerja. Tapi ada beberapa ibu yang menyimpan ASI nya dalam sebuah dot untuk nanti bisa dikonsumsi bayinya saat dia bekerja. Namun tak sedikt juga wanita yang sama sekali tak menyusui bayinya.

Alangkah baiknya jika seorang ibu itu bisa menyusui bayinya secara eksklusif hingga si anak menginjak usia 2 tahun.

0 Responses to 3 Faktor Penyebab Seorang Ibu Tidak Menyusui Bayinya

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *