3 Manfaat Yang Dapat Diperoleh Ibu Yang Menyusui Pasca Melahirkan

Written by on April 13, 2018

ASI atau air susu ibu merupakan susu yang diproduksi oleh manusia untuk dikonsumsi bayi dan sumber gizi yang utama bagi bayi yang belum dapat mencerna makanan padat. ASI pertama yang dikeluarkan ibu sangat baik untuk pertahanan tubuh bayi melawan penyakit. Bayi yang mendapatkan ASI akan terlindung dari penyakit diare. Selain itu ASI dapat melindungi bayi dari peradangan perut dan usus, penyakit pernapasan, infeksi telinga dan meningitis. Selain untuk bayinya ternyata memberikan ASI ini juga banyak manfaatnya untuk seorang ibu. Berikut 3 manfaat yang dapat diperoleh Ibu menyusui anaknya pasca melahirkan yaitu :

  1. Menurunkan Risiko Baby Blues

Baby blues merupakan kondisi seorang ibu dimana mood nya terganggu pasca melahirkan atau bentuk depresi ringan setelah melahirkan. Dengan memberikan ASI seorang ibu akan merasa bahagia dan tenang. Selain itu juga dapat memperkuat rahim sehingga ibu dapat terhindar dari pendarahan setelah melahirkan.

  1. Mempercepat Penurunan Badan

Wanita hamil itu identik dengan kegemukan, hal ini terjadi karena asupan energi atau kalori kedalam tubuh lebih tinggi dibandingkan dengan energi atau kalori yang dikeluarkan atau digunakan. Dengan menyusui akan dapat mempercepat penurunan berat badan karena dengan menyusui bayi dapat membakar kalori.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Wanita yang baru melahirkan tapi tidak menyusui bayinya maka akan terjadi peradangan dan pembengkakan pada payudaranya. Hal ini dapat menyebabkan perubahan pada jaringan payudara sehingga dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Ibu yang menyusui bayinya akan memiliki risiko yang lebih kecil dari terkena kanker payudara dan ovarium. Semakin lama seorang ibu menyusui anaknya maka akan semakin lama pula efek perlindungannya.

Untuk ibu yang sedang menyusui harap menjaga asupan makanan dan juga terapkan pola makan sehat agar produksi ASI tetap terjaga baik.

0 Responses to 3 Manfaat Yang Dapat Diperoleh Ibu Yang Menyusui Pasca Melahirkan

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *