6 Tips yang Bisa Diterapkan agar Anak Peduli Lingkungan

Written by on April 13, 2018

Dummy

Saat ini, pentingnya peduli akan lingkungan sudah banyak dipublikasikan baik di media masal maupun media sosial. Tentunya, menjaga lingkungan memang sangat penting untuk keberlangsungan hidup yang baik, kan? Nah, Anda juga bisa mengajarkan anak Anda untuk peduli dengan lingkungan melalui 6 cara mudah ini.

Anda tak perlu takut mereka kotor ketika mencoba untuk peduli dengan lingkungan karena kini ada shampoo anak dari DOREMI Thomas & Friends yang akan selalu menyegarkan mereka. Selain itu juga ada pula body wash dan body cologne yang harum sepanjang wangi. Melalui program #GreatAdventureAwaits, DOREMI juga mengajak anak-anak untuk mengekplorasi diri dan peduli lingkungan tanpa perlu takut kotor!

  1. Peka Terhadap Hewan

Ekosistem terdiri atas hewan, tumbuhan, manusia dan makhluk tak hidup. Nah, Anda bisa memulai mengajarkan pada anak-anak untuk peduli dengan lingkungan melalui kepekaan terhadap hewan. Anda bisa mengajak mereka tamasya ke kebun binatang atau memelihara binatang peliharaan di rumah dan mengajak mereka merawat hewan tersebut.

Ajarkan pada mereka bahwa hewan juga punya hak hidup seperti Anda dan dirinya. Keberadaan hewan juga berguna dalam menjaga kelangsungan hidup semua makhluk di bumi. Langkah kecil ini bisa membuat mereka peka terhadap lingkungan lainnya seperti tumbuhan juga.

  1. Mengajak Anak Tamasya Alam

Sebentar lagi liburan sekolah, kan? Coba ajak anak Anda untuk bertamasya alam guna menciptakan kepedulian mereka terhadap lingkungan. Cari lokasi yang penun udara segar, yang bisa membuat mereka menikmati kicauan burung dan mempelajarai berbagai proses kehidupan makhluk seperti metamorfosis kupu-kupu.

Dengan tahu dan merasakan langsung hal yang berkaitan dengan lingkungan, anak Anda akan sadar dan peduli betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Mereka juga bisa menyerap nilai-nilai baik yang tak hanya bisa diterapkan ketika mereka kecil, tapi juga hingga dewasa.

  1. Mengurangi Penggunaan Barang Anti Lingkungan

Barang-barang seperti kulit, kantung plastik, besi dan lainnya harus dikurangi penggunaannya bila Anda ingin mengajarkan pada si kecil peduli terhadap lingkungan. Dengan mengurangi penggunaannya, berarti Anda menyampaikan pesan bahwa bagaimana barang-barang tersebut bisa merusak lingkungan.

Ajarkan pada anak Anda untuuk mengurangi penggunaan tempat plastik seperti ketika membeli jajanan dengan membawa tempat atau mangkuk sendiri dari rumah. Ajarkan juga untuk memisahkan sampah organik dan non organik agar bisa didaur ulang.

  1. Ajarkan tentang Cara Menghemat Sumber Daya Alam

Sumber daya alam seperti listrik, bensin, air dan lainnya haruslah digunakan secukupnya. Anda bisa memberitahukannya pada anak-anak untuk menggunakannya sesuai keperluan seperti hanya menghidupkan lampu di saat gelap dan mematikan keran air ketika tidak digunakan.

Beritahu mereka juga bila boros menggunakan sumber daya alam tersebut, bisa-bisa di waktu mendatang mereka tak bisa menikmatinya lagi. Mungkin mereka akan sulit menerima pada awalnya, namun lama kelamaan mereka akan terbiasa.

  1. Menggunakan Transportasi Umum

Menggunakan transportasi umum bisa menghemat sumber daya alam seperti bensin dan solar. Semua pasti tahu itu tapi mungkin anak Anda tidak. Ajak mereka menggunakan transportasi umum dan berikan penjelasan pada mereka mengenai pentingnya menghemat sumber daya alam yang tak bisa diperbaharui tersebut.

Penggunaan kendaraan pribadi juga bisa mengakibatkan udara tercemar dan lingkungan menjadi kotor. Sehingga selain mengajarkan untuk peduli terhadap lingkungan, Anda juga bisa mengajarkan anak untuk hidup lebih sehat. Kalau perlu berjalan kaki saja untuk jarak tempuh pendek.

  1. Mengajak Menanam Bibit

Anda bisa mengajarkan anak untuk peduli terhadap lingkungan dengan cara mengajaknya menanam bibit tanaman. Ketika anak-anak menanam bibit dengan tangan mereka sendiri, mereka pasti akan jatuh cinta dengan alam dan menghargai keindahannya. Itu bisa membuat mereka peduli akan lingkungan.

Beberapa cara di atas bisa Anda terapkan untuk membuat anak peduli terhadap lingkungan. Tak perlu takut kotor karena sekarang ada DOREMI Thomas & Friends yang akan selalu menjaga kesegaran mereka. Biarkan mereka bebas berekplorasi dengan alam tanpa perlu khawatir kotor ataupun bau.

0 Responses to 6 Tips yang Bisa Diterapkan agar Anak Peduli Lingkungan

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *