Berbagai Subsidi & Layanan Gratis yang Bisa Kamu Dapat Selama Pandemi Corona

Written by on May 18, 2020

Tagline #weareinthistogether yang ramai diserukan melalui sosial media selama Corona, bukan hanya sekadar tagar. Di masa seperti sekarang, kita memang perlu saling membantu dan bahu-membahu agar pandemi segera berakhir dan kondisi bisa berangsur-angsur pulih seperti sedia kala. Baik materi/uang, tenaga, dan hal lain yang sekiranya bisa meringankan beban orang-orang yang kehidupannya menjadi terganggu dan menderita akibat virus Corona. 

Makin ke sini, makin banyak pihak yang giat dalam menghimpun dan menyalurkan bantuan untuk banyak orang selama Corona. Bukan hanya dari pemerintah, tetapi juga masyarakat umum dan swasta. Sayangnya, mungkin belum banyak orang tahu perihal bantuan, subsidi, dan layanan gratis di masa pandemi ini karena sosialisasinya yang kurang menjangkau semua kalangan. 

Maka dari itu, berikut ini akan diulas berbagai subsidi serta layanan gratis yang bisa didapat masyarakat selama Corona. Kalau kamu baca ini, jangan ragu untuk menyebarkannya ke orang sekitar, ya!

Tes Corona gratis di laboratorium Kementerian Kesehatan

Apabila kamu belakangan merasa memiliki gejala virus Corona, kamu bisa melakukan tes secara gratis di laboratorium yang dirujuk oleh Kementerian Kesehatan. Total ada 15 laboratorium yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia untuk pengecekan Corona. Tiga laboratorium di antaranya adalah: 

  1. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta dengan wilayah kerja di Maluku, Maluku Utara, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Aceh. 
  2. Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Surabaya dengan wilayah kerja di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. 
  3. Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dengan wilayah kerja di RSUD Dr. Sutomo dan RS Universitas Airlangga. 

Info selengkapnya mengenai laboratorium untuk tes Corona, kamu dapat mengunjungi situs Kemenkes di kemkes.go.id atau akun Instagram resmi Kemenkes di @kemenkes_ri.

Kartu prakerja

Baru-baru ini dirilis oleh pemerintah, Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Sebenarnya, semua warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah, bisa mendaftar program ini. Namun, berkaitan dengan masa pandemi Corona, sementara ini, kartu Prakerja diprioritaskan bagi pekerja maupun pelaku usaha mikro/kecil yang terdampak hidupnya. Jika kamu termasuk salah satunya, kamu bisa langsung berkunjung ke situs prakerja.go.id untuk mendaftarkan diri. Apabila kamu dapat menyelesaikan pelatihan yang diberikan dengan baik (online atau offline), kamu akan mendapat sertifikat dan juga insentif. 

Subsidi tagihan & token listrik untuk tiga bulan ke depan

Pemerintah juga memberikan keringanan berupa subsidi untuk tagihan serta token listrik bagi pelanggan rumah tangga yang memenuhi kriteria berikut: 

  1. Bagi pelanggan dengan tegangan R1/450 VA, biaya listrik dibebaskan atau digratiskan secara penuh selama 3 bulan (April, Mei, dan Juni 2020). 
  2. Bagi pelanggan dengan tegangan R1/900 VA, biaya listrik digratiskan sebesar 50% selama 3 bulan, yang dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi selama 3 bulan terakhir (Desember 2019 – Februari 2020)
  3. Untuk bisa menikmati layanan ini dan mendapat token gratis, kamu bisa berkunjung ke situs PLN, aplikasi PLN Mobile, atau berkirim pesan melalui WhatsApp ke nomor 08122-123-123. Kemudian, masukkan nomor ID Pelanggan atau nomor meter. Token gratis akan langsung muncul dan bisa digunakan sesuai kebijakan yang berlaku. 

Makan gratis di warteg

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan juga Komunitas Warteg Nusantara membuat program makan gratis di warteg, khususnya bagi pekerja informal dan para ojek online, yang berlaku mulai pukul 10.00 WIB setiap harinya. Sementara, program ini baru tersebar di wilayah Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang. Total ada 155 warteg yang siap membagikan 100 kupon bagi warga miskin dan pekerja informal, untuk ditukar dengan makanan seharga Rp15.000. Yuk, bantu share informasi ini!

Kuota internet gratis dari Telkomsel & Indosat untuk belajar di rumah

Bagi para orangtua yang anak-anaknya terpaksa harus belajar online dari rumah karena pandemi, pasti pusing harus memenuhi kebutuhan internet yang tidak sedikit. Kabar baiknya, dua operator telekomunikasi populer: Telkomsel dan Indosat, menyediakan paket internet edukasi gratis bagi para pelajar untuk belajar dari rumah, lho. Orangtua atau siswa dapat dengan mudah mengaktifkan paket internet ini dari gawai masing-masing melalui aplikasi MyTelkomsel atau MyIM3. Baik Telkomsel atau Indosat, sama-sama memberikan kuota belajar gratis sebesar 30 GB yang bisa digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi e-learning seperti Ruangguru, Quipper, Bahaso, Zenius, dan masih banyak lagi. 

Butuh fitur pay later atau akses pinjaman cepat bersahabat untuk kebutuhan darurat selama masa pandemi?

Buat kamu yang butuh dana darurat untuk berbagai kebutuhan mendesak selama masa pandemi, jangan khawatir. Sebab, meski di rumah aja, kamu bisa kok daftar aplikasi pay later atau pinjaman cepat online hanya dengan modal HP dan kuota internet. Kredivo adalah salah satu aplikasi fintech kredit digital yang direkomendasikan untuk hal ini. 

Selain sudah terdaftar di OJK sejak tahun 2018, Kredivo tidak menerapkan bunga sama sekali alias 0% untuk fitur pay later atau bayar nanti dalam tempo 30 hari. Sementara untuk fitur cicilan barang atau pinjaman cepat, suku bunga yang diterapkan Kredivo hanya 2,95% per bulan dan flat. 

Dengan aplikasi Kredivo, kamu bisa betransaksi pulsa, paket data, token pln, hingga bayar aneka tagihan seperti BPJS Kesehatan dan PDAM langsung dengan memotong limit yang dimiliki di akun Kredivo-mu. Selain itu, kamu juga bisa belanja atau bertransaksi di 250+ e-commerce di Indonesia mulai dari Shopee, Lazada, Bukalapak, Berrybenka, dan masih banyak lagi. Di aplikasi Kredivo juga tersedia fitur pinjaman cepat mini dan pinjaman cepat jumbo yang dapat digunakan untuk mencairkan limit yang kamu punya menjadi pinjaman. 

Pinjaman minimal yang bisa diajukan adalah 500 ribu untuk jenis pinjaman mini dan Rp 1 juta untuk jenis pinjaman jumbo. Tenor yang tersedia untuk pinjaman adalah 1/3/6 bulan. Untuk keadaan darurat, pinjaman cepat dari Kredivo sangat bisa diandalkan karena proses pencairannya minimal hanya 1 hari kerja. Sebelum bisa mengajukan pinjaman, syaratnya adalah kamu harus terdaftar sebagai pengguna Premium Kredivo lebih dulu & memiliki limit yang cukup. 

Nah, untuk daftar, kamu dapat download aplikasi Kredivo langsung melalui Google Play Store atau App Store. Sebelum itu, pastikan kamu: sudah berusia minimal 18 tahun, memiliki penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan, dan berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. Selamat mencoba!

 

0 Responses to Berbagai Subsidi & Layanan Gratis yang Bisa Kamu Dapat Selama Pandemi Corona

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *