Ini Dia Sunnah Rosul Saat Berbuka Puasa Yang Patut Kita Ikuti

Written by on April 2, 2020

 

5 Amalan Sunnah Ketika Berbuka Puasa, Biar Penuh Berkah

Bulan puasa itu tidak hanya sekedar menahan rasa lapar dan haus saja, melainkan juga harus menahan hawa nafsu seperti amarah, birahi, dan lain sebagainya. Ya, jika kita tidak bisa menahan hawa nafsu dan tidak menjalankan amalan ibadah lainnya, maka puasa yang kita dapatkan hanya sebatas lapar dan hausnya saja lho!

Berbicara soal bulan Ramadhan 2020, tak sedikit dari kita yang mengetahui tentang sunnah-sunnah Rosul saat berbuka puasa. Nah, bagi kalian yang belum tahu tentang sunnah-sunnah Rosul saat berbuka puasa, Yuk, kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

  1. Jangan Menunda-nunda Waktu Berbuka Puasa

Nabi menganjurkan kita untuk segera berbuka puasa ketika adzan maghrib tiba, dan jangan menunggu sampai adzannya selesai baru makan. Bahkan, sang muadzin (orang yang adzan) pun akan meminum terlebih dahulu sebelum mengumandangkan adzan. Adapun mengenai hadistnya tentang jangan menunda-nundakan waktu buka puasa seperti “Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka” (HR. Bukhari No. 1957 dan Muslim no. 1098).

  1. Berbuka Dengan Kurma dan Segelas Air

Seperti yang telah disebutkan pada hadist Anas bin Malik, yang menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW gemar berbuka dengan mengonsumsi kurma basah (rothb) dan segelas air putih. Akan tetapi, jarang sekali pedangan di Indonesia yang menjual kurma basah. Jika tidak ada kurma basah, kamu pun bisa menggantinya dengan kurma kering atau makanan-makanan manis lainnya. 

  1. Mengucapkan Bismillah Sebelum Makan Berbuka

Agar kita mendapatkan berkah yang lebih, maka kita harus mengucap dulu Bismillah sebelum menyantap buka puasa. Hal itu juga sudah tertera dalam sebuah hadis “Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala (membaca Bismillah). Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”. HR. Abu Daud No. 3767 dan At Tirmidzi no. 1858. 

  1. Berdoa Ketika Berbuka dengan Mengucap “Dzahabazh zhoma’u”

Ada sebuah do’a yang kerap diucapkan oleh Rasulullah saat berbuka puasa, yakni “Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru Insha Allah” yang artinya -> “Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahal telah di tetapkan Insha Allah” (HR. Abu Daud no. 2357).  Dengan kata lain, doa ini harus kita di awali dulu dengan Bismillah, dan setelah menyantap beberapa kurma barulah kita mengucapkan doa tadi. 

  1. Berdo’a Secara Umum Ketika Berpuasa

Perlu kamu ketahui, bahwa waktu mustajabnya sebuah doa itu adalah ketika berbuka puasa. Maka dari itu, kamu jangan sampai melewatkan momen tersebut iuntuk berdoa kepada Allah dalam urusan dunia maupun akhirat. Sebagaimana yang telah disampaikan Nabi “Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak, yaitu pemimpin yang adil, orang yang berpuasa ketika dia berbuka, dan do’a orang yang terzholimi”. (HR. Tirmidzi no. 2562 dan Ibnu Hibban 16 / 396). Selain itu, ada pula hadist lainnya yang mengatakan “Ketika berbuka adalah waktu terkabulnya do,a karena ketika itu orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri” (Lihat Tuhfatul Ahwadzi 7: 194). 

Itulah beberapa sunnah Rosul saat berbuka puasa, yang tentu saja patut kita ikuti sebagai umatnya. 

 

0 Responses to Ini Dia Sunnah Rosul Saat Berbuka Puasa Yang Patut Kita Ikuti

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *